buat akun paypalmu disini dan dapatkan kemudahan berbelanja online

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Daftar PTC terbukti membayar buka scam

Minggu, 01 Maret 2009

Pencegahan dan Penanganan infeksi malware

Minggu, 01 Maret 2009
Tidak ada cara pasti untuk mengidentenfikasi bahwa suatu komputer telah terinfeksi malware. Gejalanya bisa saja berupa file yang hilang atau kumputer yang restart terus - terusan pokoknya komputer tidak berjalan dengan normal. Andai saja komputer anda telah terinstall antivirus maka antivirus akan langsung mendeteksi dan menghapus malware tersebut. Tetapi. jika komputer tidak dilengkapi antiviurs maka harus ada langkah - langkah antisipasi untuk mengatasi hal tersebut. Banyak para pemakai komputer yang menjadi korban virus, trojan, atau malware lainnya. Jika komputer anda belum terinfeksi, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk pencegahan :

1. Kalau terinfeksi
Kalau komputer anda telah terinfeksi, segera putuskan koneksi internet. Dengan begitu, anda dapat mencegah pencurian data pribadi via internet. Tujuan lainnya adalah agar komputer anda tidak digunakan pemilik malware untuk melakukan serangan ke komputer lain. Segera lakukan back-up data anda agar data - data penting bisa dapat diamankan. Segera install antivirus yang tentunya telah diupdate. Jika antivirus yang telah diupdate belum mampu mengatasi infeksi malware , maka anda harus melakukan instalasi sistem operasi.

2. Pencegahan
Orang yang komputernya pernah terserang malware tau bagaimana repotnya bersih - bersih, Waktu,data, bahkan uang bisa melayang. Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk pencegahan :
- Gunakan dan selalu update antivirus
- Ubah password. malware mungkin sudah tau password anda, ubahlah password anda secara berkala
- Update perangkat lunak anda terutama sistem operasi anda. Dengan begitu anda dapat menutupi celah keamanan yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh malware untuk masuk kekomputer anda.
- Install dan update firewall anda
- Gunakan antispyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan internet dan umumnya berupa virus
- Backup data anda ke media CD, DVD, atau Hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.

0 comments:

Posting Komentar